Post Anyar

6/recent/ticker-posts

Demam Adalah (Ringkasan Tentang Penyakit Demam)

Definisi & Ringkasan

Demam adalah reaksi alami tubuh yang berusaha untuk melawan virus atau infeksi. Demam tidak dianggap sebagai sebuah penyakit tetapi biasanya merupakan gejala dari sebuah gangguan kesehatan atau infeksi. Bagian dari otak yang disebut hipotalamus berfungsi untuk mengontrol suhu tubuh kita. Saat tubuh menghadapi penyakit atau virus tertentu, maka hipotalamus akan meningkatkan suhu tubuh untuk meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh dalam memerangi infeksi.

Apa Yang Dimaksud Dengan Suhu Tubuh Normal?

Pada orang dewasa yang sehat, suhu normal dapat dikenali melalui empat bagian tubuh: rektum atau anus/dubur, mulut (oral), telinga (otik), atau ketiak (aksila). Berbagai suhu dubur yang normal adalah 34,4-37,8°C sedangkan suhu mulut yang normal adalah 33,2-38,2°C. Di sisi lain, suhu telinga yang normal adalah 35,4-37,8°C, dan suhu ketiak yang normal adalah 35,5-37,0°C.

Namun penting untuk dicatat bahwa suhu tubuh normal bergantung pada faktor-faktor lain seperti jenis kelamin, umur, tingkat kegiatan, dan hal-hal lainnya. Suhu tinggi tidak selalu berarti demam. Misalnya, ketika seseorang berolahraga, suhu tubuh memiliki kecenderungan naik tetapi akan tetap dianggap normal. Namun, pada beberapa orang, bahkan rentang suhu normal sudah dapat dianggap sebagai demam. Dengan demikian, penting untuk dicatat suhu dasar seseorang sebelum disebut demam.

Golongan Demam

Demam dapat digolongkan ke dalam kategori yang berbeda sesuai dengan lama atau tingkat suhu. Kategori umum demam adalah sebagai berikut:

Hiperpireksia: Bila suhu tubuh mencapai atau melebihi 41,5° C. Kasus tersebut dianggap darurat.
Demam kronis: Bila demam berlangsung selama lebih dari tiga hari atau sering terjadi.
Demam antara (intermitten): Ketika suhu tubuh naik dan turun ke tingkat normal kembali dalam 1-3 hari.
Remiten: digunakan untuk menggambarkan demam yang berulang secara berkala.
Demam Tetap: Menjelaskan demam ringan yang tidak meningkat atau menurun lebih dari satu derajat dalam waktu 24 jam.
Penyebab

Demam yang tidak berhubungan dengan kondisi kesehatan yang serius biasanya disebabkan oleh:

Infeksi virus
Kelelahan karena panas
Infeksi bakteri
Terkena Sengatan Panas Matahari
Kondisi radang
Imunisasi atau suntikan vaksin
Obat-obatan tertentu dan antibiotik yang digunakan untuk mengobati kejang dan tekanan darah tinggi
Kapan Sebaiknya Anda Mencari Bantuan Kesehatan?

Penting untuk diingat bahwa demam adalah gejala dari kondisi kesehatan, seperti infeksi bakteri atau virus, serta penyakit dan kondisi lainnya yang mengancam jiwa. Dalam kebanyakan kasus, demam itu sendiri tidak memerlukan pengobatan, tetapi diperlukan pengobatan bagi kondisi yang melatarbelakanginya. Namun, jika demam mengganggu fungsi tubuh normal, jalan yang terbaik adalah mencari bantuan dokter segera. Misalnya dalam kasus-kasus dibawah ini, namun tidak terbatas pada:

Kesulitan Bernapas
Sering Muntah
Sakit Perut
Buang Air Besar Berdarah
Nyeri Dada
Sakit Kepala Parah
Ruam
Kenaikan Suhu Badan (Hipertermia)
Jika pasien tidak bereaksi
Jika pasien merasa gelisah atau bingung tanpa alasan
Setibanya di rumah sakit, dokter akan meminta informasi terperinci agar dapat membuat diagnosa yang tepat. Anda akan ditanya kapan demam mulai, apakah Anda memiliki alergi, atau apakah Anda sedang mengkonsumsi obat. Dokter mungkin juga bertanya tentang gejala lain atau penyakit lain yang diderita. Tergantung pada hasil tersebut, kemudian dokter akan melakukan pemeriksaan dan tes laboratorium yang berbeda untuk menentukan masalah yang tepat.

Pengobatan dan Perawatan di Rumah

Jika demam tidak mengakibatkan situasi yang dijelaskan di atas, beberapa obat tanpa resep dapat membantu menurunkan suhu seseorang. Ibuprofen dan acetaminophen keduanya efektif dalam mengurangi demam. Beberapa orang mungkin masih memiliki aspirin di rumah mereka, tapi ini bukanlah obat pilihan untuk mengobati demam. Aspirin tidak boleh diberikan kepada anak

Post a Comment

0 Comments